Rabu, 09 Desember 2009

Pisang, enaaakkk...

Pisang merupakan makanan yang sangat sehat. Buahnya yang sangat manis sangat kaya akan gizi. Nutrisi yang ada pada pisang penting untuk kesehatan kita, diantaranya 99 kalori, protein 1,2 gram, lemak 0,2 gram, karbohidrat 25,8 mg, serat 0,7 gram, kalsium 8 mg, fosfor 28 mg, besi 0,5 mg, vitamin A 44 RE, vitamin B 0,08 mg, vitamin C 3 mg dan air 72 gram. selain itu juga pisang mengandung mikronutrient lainnya, yaitu 1 mg kalsium, 35 mg fosfor, 1 mg zat besi, 503 mg potassium, dsb. banyak kan?

Kandungan gizi yang terkandung itu bisa bermanfaat untuk meningkatkan kualitas hidup kita. Misalnya saja, kalorinya yang tinggi dapat melengkapi kebutuhan kalori kita per harinya. Buah pisang ini dapat dengan mudah dicerna dalam usus karena pisang ini mengandung monosakarida dan disakarida (sukrosa, fruktosa, dan glukosa) membuat pisang bisa langsung diserap dengan cepat tanpa harus melewati pemecahan karbohidrat polisakarida yang panjang dan lama. Gula-gula yang terkandungan dalam buah tersebut dapat diubah menjadi sumber tenaga secara cepat, dimana tenaga ini dibutuhkan untuk proses pembentukan tubuh, kerja otot, dan aktivitas sehari-hari.

vitaminnya juga sangat baik untuk kesehatan, seperti misalnya vitamin A yang baik untuk kesehatan mata kita dapat mencegah terjadinya buta senja, atau bahasa kerennya nictalopia. Lalu vitamin B nya juga baik untuk pertumbuhan otak kita, dengan asupan vitamin B6 ynag baik bisa mencegah kita terkena demensia, atau awamnya merupakan penyakit yang mengakibatkan turunnya kesadaran kita, juga menurunnya fungsi kualitas hidup kita. Kandungan pottasiumnya sangat berperan dalam mencegah penyakit jantung, pottasium yang tinggi ini diperlukan untuk menurunkan tekanan darah kita, jadi cocok untuk penderita yang hipertensi dan mencegah terjadinya stroke.

Itu hanya beberapa manfaat yang ada dari buah pisang. Ketahuilah masih banyak manfaat yang bisa dipetik dari buah ini. Telah kita ketahui bahwa tidak ada satu pun hasil ciptaan Allah yang tidak berguna dan bermanfat bagi manusia. Seperti telah dijelaskan dalam ayatNya, artinya:


"Dan Dia-lah yang menjadikan kebun-kebun yang berjunjung dan yang tidak, berjunjung, pohon kurma, tanam-tanaman yang bermacam-macam buahnya,zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnanya), tetapi tidak sama(rasannya) Makanlah dari buahnya (yang bermacam-macam itu) bila dia berbuah,dan tunaikanlah haknya di hari memetik hasilnya (dengan dikeluarkan zakatnnya);dan janganlah kamu berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebihan." (Al An'am: 141)

Subhanallah begitu besar ciptaanNya itu. Dia telah memberikan lengkap apa-apanya di dunia ini, untuk kita semua hambanya, tak kurang satu pun. Tapi, "nikmat Tuhanmu yang manakah yang kita dustakan?" Astaghfirullah..

wallahua'lam

1 komentar:

  1. nice post..still left one thing..banana also consist of Vit. C. be careful, if you really hungry, vit C makes your stomatch singing..haha =) . Based on my experience, i will more hungry if eat banana..might be cos of HCl..is that rite ?

    BalasHapus